BAHASA PEMROGRAMAN

Konten [Tampil]


BAHASA PEMROGRAMAN

  • Komputer adalah mesin. Sayangnya mereka tidak bisa memahami bahasa, seperti Hindi, Inggris, Tamil, dll yang digunakan dan dipahami oleh manusia 
  • Oleh karena itu, untuk memberikan instruksi ke komputer, dikembangkanlah Bahasa yang berbeda yang disebut bahasa komputer. 
  • Untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu oleh komputer, pemrogram menulis instruksi menggunakan bahasa komputer ini. 
  • Setiap bahasa komputer memiliki kosa kata, aturan dan grammar tersendiri yang di sebut sintaks

KLASIFIKASI BAHASA PEMROGRAMAN

  • Bahasa Mesin 
  • Bahasa Assembly 
  • Bahasa Tingkat Tinggi 

BAHASA MESIN

  • Bentuk informasi yang dilambangkan atau diwakili oleh kombinasi "1"dan "0" disebut bahasa mesin. Program dan data pada akhirnya direpresentasikan dalam bahasa mesin di memori dan perangkat keras lain dari komputer. 
  • Untuk memulai dengan pemrogram menggunakan bahasa mesin untuk pemrograman. • Itu membosankan karena setiap operasi yang harus dilakukan komputer dilambangkan dengan kombinasi tertentu dari "1" dan "0".
  • Juga setiap komputer memiliki sendiri kode bahasa mesin. Kita harus mengingat semua kode ini untuk menulis program. 
  • Meskipun bahasa mesin memiliki kekurangan yang disebutkan di atas, itu sangat bermanfaat efisien dalam menggunakan sirkuit komputer. 
  • Tidak perlu perangkat lunak untuk mengkonversi karena kita dapat langsung mewakili bahasa mesin di computer sirkuit tanpa perlu konversi. 

BAHASA ASSEMBLY

  • Bahasa komputer yang mudah untuk diingat dan digunakan.
  • Bahasa-bahasa ini disebut penggunaan bahasa assembly kode mnemonic. 
  • Contoh: Untuk menambahkan dua kuantitas X dan Y, Anda dapat membuat kode sebagai berikut. ADD X Y 
  • ADD disebut kode operasi yang memberi tahu komputer operasi apa yang harus dijalankan melakukan. X dan Y disebut alamat operasi. Ini mengacu pada memori alamat tempat penyimpanan jumlah yang ingin Anda tambahkan. 
  • X mengacu pada lokasi kuantitas pertama dan Y kuantitas kedua. Ini disebut simbolik alamat, karena tidak mengacu pada alamat tetap mana pun. 
  • Perangkat lunak yang disebut assembler menerjemahkan program bahasa assembly ini ke dalam program bahasa mesin yang dapat Anda muat ke dalam memori komputer dan jalankan.

KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN BAHASA ASSEMBLY

  • Bahasa assembly menggunakan kode mnemonik, untuk pemrograman. 
  • Programmer lebih mudah untuk menggunakan bahasa assembly daripada mesin bahasa untuk pemrograman. 
  • The assembler, selain menerjemahkan program bahasa assembler 
  • ke dalam bahasa mesin, buat daftar pernyataan program (disebut kode sumber) dan juga kesalahan sintaks yang dilakukan oleh pemrogram. 
  • Kelemahan : 
    • Seseorang harus menghabiskan banyak waktu untuk menulis bahasa assembly program. 
    • Program bahasa assembly harus diubah menjadi bahasa mesin program menggunakan perakitan. 
    • Meskipun lebih mudah digunakan daripada bahasa mesin, masih harus mengingat kode operasi untuk berbagai operasi.

BAHASA TINGKAT TINGGI (HIGH LEVEL LANGUAGE)

  • Selama tahun 1960-an komputer mulai mendapatkan popularitas dan menjadi perlu mengembangkan bahasa yang lebih mirip bahasa alami seperti bahasa Inggris sehingga pengguna biasa dapat menggunakan komputer secara efisien. 
  •  Sejak bahasa assembly membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang arsitektur komputer, itu menuntut pemrograman menguasai keterampilan perangkat keras untuk menggunakan komputer. 
  •  Karena penggunaan komputer yang meluas, awal 1960-an mulai munculnya bahasa pemrograman generasi ketiga (3GL) 
  • Bahasa seperti COBOL, FORTRAN, BASIC, dan C adalah contoh dari 
  • 3GL dan dianggap sebagai bahasa tingkat tinggi. Bahasa tingkat tinggi serupa/mirip dengan bahasa Inggris. 
  • Program yang ditulis menggunakan bahasa ini dapat berupa mesin independen. 
  • Pernyataan tingkat tinggi tunggal dapat menggantikan beberapa instruksi dalam mesin atau bahasa rakitan.
  • Dalam bahasa tingkat tinggi, program ditulis dalam urutan pernyataan untuk memecahkan masalah.
  • Sebagai contoh : berikut potongan kode dalam bahsa BASIC yang akan menghitung jumlah dari dua bilangan
    • LET X = 200 
    • LET Y = 1002 
    • LET TOT = X + Y PRINT TOT
  • Dua pernyataan pertama menyimpan 200 dalam variabel X (nama lokasi memori) dan100 dalam variabel, Y, masing-masing. Pernyataan ketiga sekali lagi membuat variable bernama TOT, yang akan menyimpan penjumlahan dari nilai X dan Y. Terakhir, Mencetak output yaitu mencetak nilai yang disimpan dalam TOT ke layar. 
  • Menerjemahkan Bahasa Tingkat Tinggi ke bahasa mesin: 
    Karena komputer hanya memahami bahasa mesin, itu perlu untuk diubah program bahasa tingkat tinggi ke dalam kode bahasa mesin. Ini tercapai dengan menggunakan penerjemah bahasa atau pengolah bahasa, umumnya dikenal sebagai compiler, interpreter atau subrutin lain yang menerima pernyataan dalam satu bahasa dan menghasilkan pernyataan yang setara dalam bahasa lain.
  • ➢ Compiler : 
    • Selama penerjemahan proses, kompilator membaca program sumber dan memeriksa sintaks kesalahan (tata bahasa). Jika ada kesalahan, kompilator menghasilkan kesalahan pesan, yang biasanya ditampilkan di layar. 
  • ➢ Interpreter : 
    • ➢ Tidak seperti kompiler, penerjemah menerjemahkan pernyataan dalam program dan mengeksekusi pernyataan itu segera, sebelum menerjemahkan source code berikutnya 
    • ➢ Ketika terjadi kesalahan dalam program, eksekusi file Program dihentikan dan pesan kesalahan ditampilkan.

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

    Algoritma adalah jantung ilmu komputer dan informatika. Banyak cabang dari ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. Algoritma berasal dari kata algorism yang berarti proses menghitung. Kata algorism berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa al-Khuwarizmi.


DEFINISI ALGORITMA

  • Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis
  • Urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah 

CIRI PENTING ALGORITMA

  • Memiliki Input Algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar.
  • Memiliki Output Algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran.
  • Definiteness (pasti) Algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu atau memilikui arti ganda.
  • Finiteness (ada batas atau berakhir) Algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role).
  • Effectiveness (efektif dan efisien) Algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif. Contoh instruksi yang tidak efektif adalah : A = A atau A = A * 1. 

ALGORITMA TERBAIK

    Algoritma dikatakan terbaik atau The Best jika Suatu algoritma menghasilkan output yang tepat guna (efektif) dalam waktu yang relative singkat dan penggunaan memori yang relatif sedikit (efisien) dengan langkah berhingga dan prosedurnya berakhir baik dalam keadaan diperoleh solusi ataupun tidak ada solusi. 


PENGERTIAN PROGRAM DAN BAHASA PEMROGRAMAN

  • Perwujudan atau implementasi algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu.
  • Kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu dinamakan program.
  • Instruksi yang digunakan dalam bahasa pemrograman. menulis program disebut
  • Orang yang membuat program komputer dinamakan pemrogram atau programmer.
  • Dan kegiatan merancang dan menulis program komputer disebut pemrograman atau programming.
  • Suatu program ditulis dengan mengikuti kaidah bahasa pemrograman tertentu (Pascal, Turbo C, Basic, Borland C++, Java, dll).
  • Salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman, dalam matakuliah ini akan memakai bahasa pemrograman C++. 


PERKEMBANGAN BAHASA PEMROGRAMAN

Bahasa Mesin

Bahasa yang berisi kode-kode mesin yang hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer 

  • – Keuntungan: Eksekusi cepat 
  • – Kerugian: Sangat sulit dipelajari manusia
Bahasa Assembly
Bahasa simbol dari bahasa mesin 
  • – Kelebihan: Eksekusi cepat, masih bisa dipelajari daripada bahasa mesin, file kecil 
  • – Kekurangan: Tetap sulit dipelajari, program sangat panjang. 
Bahasa Tingkat Tinggi (3rd GL)
Bahasa pemrograman tinggi dari bahasa assembly 
  • Keuntungan: 
    • Mudah dipelajari 
    • Mendekati permasalahan yang akan dipecahkan 
    • Kode program pendek 
  • Kerugian: Eksekusi lambat
Contoh: C, C++, Pascal, Basic, dan java

Bahasa yang berorientasi pada masalah spesifik (4th GL)
Digunakan langsung untuk memecahkan masalah tertentu Contoh: SQL untuk database

JENIS PROSES ALGORITMA

  • Sequence Process → merupakan instruksi berurutan. yang dikerjakan secara sekuensial atau
  • Selection Process → merupakan instruksi tertentu. yang dikerjakan jika memenuhi kriteria
  • Iteration Process → merupakan instruksi dikerjakan yang suatu kondisi tertentu. selama memenuhi
  • Concurrent Process → merupakan beberapa instruksi yang dikerjakan secara bersama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar