ALGORITMA
Kata “algoritma” berkaitan dengan nama ahli matematika Al-khowarizmi yang artinya suatu prosedur atau teknik. Insinyur Perangkat Lunak biasanya menggunakan algoritma untuk perencanaan dan menyelesaikan permasalahan yang ada. Algoritma adalah serangkaian langkah untuk memecahkan masalah tertentu atau algoritma adalah serangkaian langkah-langkah yang tidak ambigu yang menghasilkan suatu hasil dan berakhir di waktu yang terbatas.
CIRI-CIRI ALGORITMA
- Input: Suatu algoritma mungkin memerlukan atau tidak memerlukan input
- Output: Setiap algoritma diharapkan menghasilkan setidaknya satu hasil
- Kepastian: Setiap instruksi harus jelas dan tidak ambigu.
- Keterbatasan: Jika instruksi suatu algoritma dijalankan, maka algoritma tersebut harus berakhir setelah sejumlah langkah yang terbatas
STRUKTUR KONTROL DAN ALGORITMA DAN DIAGRAM ALUR
- Urutan: Dalam struktur urutan, pernyataan ditempatkan satu demi satu dan pelaksanaannya berlangsung mulai dari atas sampai ke bawah.
- Percabangan (Seleksi) : Dalam pengendalian cabang terdapat syarat dan menurut a kondisi, keputusan TRUE atau FALSE tercapai. Dalam kasus BENAR, satu dari kedua cabang tersebut dieksplorasi; namun jika kondisi FALSE maka diambil alternatif lain. Umumnya, 'IF- THEN' digunakan untuk mewakili kontrol cabang.
- Loop (Pengulangan): Loop atau Pengulangan memungkinkan suatu pernyataan dieksekusi berulang kali berdasarkan kondisi perulangan tertentu, misalnya perulangan WHILE, FOR.
MANFAAT ALGORITMA
- Suatu algoritma menggunakan prosedur yang pasti.
- Tidak bergantung pada bahasa pemrograman apa pun, sehingga mudah untuk dipahami siapa pun bahkan tanpa pengetahuan pemrograman.
- Setiap langkah dalam suatu algoritma memiliki urutan logisnya sendiri sehingga mudah untuk di-debug.
TAHAPAN MENULIS ALGORITMA
- Langkah1
Tentukan masukan algoritme Anda: Banyak algoritme mengambil data untuk diproses, misalnya untuk menghitung luas persegi panjang, masukannya mungkin berupa tinggi persegi panjang dan lebar persegi panjang.
- Langkah 2
Tentukan variabel: Variabel algoritma memungkinkan Anda menggunakannya di lebih dari satu tempat. Kita dapat mendefinisikan dua variabel untuk tinggi persegi panjang dan lebar persegi panjang sebagai TINGGI dan LEBAR (atau H&W). Kita harus menggunakan nama variabel yang bermakna misalnya daripada menggunakan H&W gunakan HEIGHT dan WIDTH sebagai nama variabel.
- Langkah 3
Garis besar operasi algoritma: Gunakan variabel input untuk tujuan komputasi, misalnya untuk mencari luas persegi panjang, kalikan variabel TINGGI dan LEBAR dan simpan nilainya dalam variabel baru (katakanlah) AREA. Operasi suatu algoritma dapat berbentuk beberapa langkah dan bahkan bercabang, bergantung pada nilai variabel masukan.
- Langkah 4
Keluarkan hasil operasi algoritma Anda: Jika luas persegi panjang output akan menjadi nilai yang disimpan dalam variabel AREA. jika variabel masukan menggambarkan persegi panjang dengan TINGGI 2 dan LEBAR 3, algoritma akan mengeluarkan nilai 6.
FLOW CHART
Desain diagram alur pertama dimulai pada tahun 1945 yang dirancang oleh John Von Neumann. Berbeda dengan algoritma, Flowchart menggunakan simbol-simbol berbeda untuk merancang solusi suatu masalah. Dia alat pemrograman lain yang umum digunakan. Dengan melihat Flowchartone dapat memahami operasi dan urutan operasi yang dilakukan dalam suatu sistem. Diagram alur sering dipertimbangkan sebagai cetak biru desain yang digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
1. Flowchart dokumen
Flowchart dokumen berfungsi untuk menelusuri alur form dari satu bagian ke bagian yang
lain, termasuk bagaimana laporan diproses, dicatat, dan disimpan.
2. Flowchart program
Flowchart ini menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program. Flowchart
program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart logika program dan flowchart
program komputer terinci.
3. Flowchart proses
Flowchart proses adalah cara penggambaran rekayasa industrial dengan cara merinci dan
menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem.
4. Flowchart system
Flowchart yang menampilkan tahapan atau proses kerja yang sedang berlangsung di
dalam sistem secara menyeluruh. Selain itu flowchart sistem juga menguraikan urutan
dari setiap prosedur yang ada di dalam sistem.
MANFAAT FLOW CHART
- Flowchart adalah cara terbaik untuk mengkomunikasikan logika suatu program.
- Mudah dan efisien untuk menganalisis masalah menggunakan diagram alur.
- Selama siklus pengembangan program, diagram alur berperan sebagai cetak biru, yang mana membuat proses pengembangan program lebih mudah.
- Setelah pengembangan suatu program berhasil, program tersebut memerlukan pemeliharaan yang berkelanjutan dan tepat waktu selama pengoperasiannya. Flowchart membuat program atau sistem pemeliharaan lebih mudah.
- Sangat mudah untuk mengubah diagram alur menjadi kode bahasa pemrograman apa pun
- Flowchart adalah representasi diagram/grafis dari urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Untuk menggambar diagram alur simbol standar berikut digunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar